Clock

Minggu, 26 Desember 2010

Wow.......R136a1 Bintang Terbesar Sejagat

U-bloG Sekelompok astronom asal inggris berhasil mendeteksi sebuah bintang paling besar yang pernah dilihat manusia. Bintang raksasa itu memiliki ukuran 265 kali lipat lebh besar dari Matahari, saling besarnya bintang tersebut dapat mengubah teori tentang bagaimana proses lahirnya bintang, bahkan saat lahir ia mencapai ukuran 320 kali Matahari.

Sebelumnya dengan menggunakan model yang digunakan peneliti, diketahui bahwa ukuran maksimal adalah 150 kali lipat ukuran Matahari. Apapun yang berukuran diatas itu terlalu sulit untuk terbentuk menjadi bintang.

Namun dikutip dari BBC, 25 Desember 2010. Paul Crowther, astronom asal University of Sheffled, Inggris, mengatakan bahwa "setelah mengamati gambar-gambar yang ditangkap oleh Very Large Teleskop di Chile dan Teleskop Ruang Angkasa Hubble, menemukan bintan yang melampaui ukuran maksimal itu.

Selain jauh lebih besar dibandingkan dengan Matahari R136a1. bintang yang berada di gugus dengan jarak 165 ribu tahun cahaya dari bumi itu juga sama terangnya dengan 10 juta buah Matahari kita. "Sebagai gambaran perbandingan cahaya bintang ini dengan Matahari di tata surya kita adalah seperti membandingkan sinar Matahari dengan Bulan Purnama." Kata Crowther

Diperkirakan suhu pada permukaan bintang tersebut mencapai sekitar 50 ribu Derajat Celcius, hampir 8 kali lebih panas dari Matahari.

Crowther menyebutkan hal yang paling penting dari penemuan bintang raksasa tersebut adalah memberikan keyakinan bahwa masih ada bintang-bintang raksasa seperti R136a1 di Jagat Raya.

Sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Connect With Us

Blogger Themes

free counters